Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Februari, 2008

beda generasi beda pemikiran

Sebuah obrolan berbau sedikit debat terjadi antara saya dan bapak tentang surat lamaran yang akan saya kirimkan ke beberapa perusahaan.
Pokok persoalannya adalah alenia ke-3 surat lamaran yang saya buat.
isinya kurang lebih
“saya menilai diri saya adalah seorang yg jujur,inovatif,mampu berkomunikasi dengan baik,dan dapat bekerjasama dalam team.”
menurut bapak saya,kalimat alenia ke 3 ini adalah sebuah kalimat yg egois. dia bilang,tidak perlu kita yg berkoar-koar,biar mereka yang menilai kemampuan kita. intinya alenia ke 3 itu kalimat yang sok,belagu,sombong.
Lalu saya jawab, “itu,bukan kalimat sombong,tapi percaya diri, kalimat itu utk menjelaskan potensi diri”
bapak saya bilang “kan ada CV..”
saya jawab “CV kan cuma sebatas riwayat pendidikan?”
bapak saya lagi “biar bagaimanapun bapak ga setuju dengan kalimat yang sombong seperti itu”
saya jawab, “lah,selama ini yang saya kirimkan utk ngelamar kerja kan itu,cuma kepala nya aja yg diganti-ganti,buktinya udah dapet panggilan 2 kali”
bapak saya,”nah,kalo memang seperti itu,knapa ga lulus waktu tes atau wawancara?bearti ga berguna dong ditulis jujur,mampu berkomunikasi,dapat bekerja dalam team?”
pada saat terlontar jawaban ini dari bapak saya,saya sempat terdiam sejenak,menangkap maksud yg tersirat,apa mulai bosen dengan anaknya yg pengangguran ini?atau hal-hal lain.
saya jawab “mereka (perusahaan) nyari orang yg tepat utk bekerja pada mereka”
sembari makan bapak saya jawab “kalo aku HRD nya sudah di tong sampah lamaran yang seperti itu”
saya bersyukur bapak cuma kuli bukan HRD..;)
jadi gimana sih sebetulnya menulis surat lamaran itu?
yang pasti tidak menipu hingga menyulitkan saat wawancara saja lah ya

Iklan

Read Full Post »

HURUF KAPITAL DAN TANDA SERU

Penggunaan huruf kapital dalam Bahasa Indonesia lazimnya digunakan pada judul,awal kalimat,nama orang,nama tempat,dan lain-lain.
entah siapa yang memulai dan kapan dimulainya (atau sejak dulu kala?oktober 1928?) terdapat sebuah konsensus tentang penggunaan semua huruf kapital pada satu kata akan dianggap seolah-olah kata tersebut menggambarkan sang penulis sedang TERIAK-TERIAK,AROGAN,bermaksud MENGHINA.
hal ini mungkin (CMIIW) disebabkan karena umumnya penggunaan huruf kecil dan mencoloknya kata dalam huruf kapital sehingga perlu penekanan.
penulisan kata yang kesemua hurufnya menggunakan huruf kapital,akan sangat berbeda penafsirannya jika digunakan untuk menulis nama-nama HEWAN (atau BINATANG,atau SATWA?)
contoh: anjing,babi,monyet.
akan terasa berbeda jika dituliskan ANJING,BABI,MONYET.
Apalagi anjing, babi serta monyet sudah lazim digunakan sebagai kata-kata umpatan yang (konon kabarnya) kasar.
dan akan semakin aneh jika ditambahkan tanda SERU! ANJING! BABI! MONYET!
memang kesemuanya kata-kata tersebut tergantung bagaimana. penggunaannya dalam kalimat.

dan saya masih memahami,menela’ah,dan mencari unsur kasar dari kalimat yang pernah saya tulis.

Read Full Post »

apa jadinya ketika valentine dan imlek bersinergi?sebuah paket acara fashion show tingkat kecamatan.
“funtastic valentine dan funtastic imlek 2008”
kebetulan saya berkesempatan melihat jalannya acara penyisihan lomba tsb.
kategori yg dilombakan ada tiga,batita balita,anak usia SD,dan remaja.
men..usia batita (bawah tiga tahun) ?
knapa ga manula skalian?saya pikir manula cukup lucu untuk lenggak lenggok di atas catwalk.
kasihan anak-anak kecil yg masih polos dan lucu itu pola pikirnya harus terdistorsi dengan obsesi ibu-ibu nya utk eksis di masyarakat.
setelah penyisihan (120207),maka terpilih la beberapa orang yg dinilai juri cukup pantas utk masuk final yg akan diadakan pas tanggal 14 februari,
finalnya saya ga nonton,
konon yg di tutup oleh istri bupati,ibu yusroni yazid,yg mungkin melihat ada kesempatan tebar pesona untuk sang suami.
*sigh*

Read Full Post »

tips mengalahkan incumbent

incumbent artinya yg sedang memegang jabatan.
dalam konteks pemerintahan bisa dibilang yg berkuasa saat ini.kalo pelajaran bahasa inggrisnya present tense 😉
nah,menjelang pemilihan kembali pemimpin,baik bupati,walikota,gubernur,atau presiden, incumbent ini punya banyak kesempatan dan keuntungan untuk mendulang suara.
utk skala kecil,dimana rakyat pemilih punya ketertarikan yg sangat besar terhadap penguasa,dimana penguasa seperti magnet,maka lagi-lagi si incumbent punya point bagus.
biasanya beberapa bulan sebelum pemilihan,sang incumbent ini rajin (sangat rajin sekali) berkunjung ke wilayah kekuasannya hingga yg terjauh.terutama pembukaan atau penutupan acara-acara yg ga penting (acara yg tanpa kehadiran sang incumbent tetap jalan)
kemudian,sewaktu kunjungan ke daerah-daerah jajahan,sang incumbent mendapat banyak keuntungan. diantaranya segi biaya dan anggapan ‘peduli’ dari masyarakatnya.
pokoknya enak la jd incumbent.
pertanyaannya sekarang bagaimana sang incumbent bisa jadi incumbent seperti sekarang?
mungkin dulu,sewaktu ada pemilihan,dia punya mulut manis,atau memang dia orang yg tepat,atau juga dia dapat limpahan dr temannya yg incumbent.
dan bagaimana menggusur incumbent?
punya mulut manis,
punya program bagus,
punya modal kuat utk ikut pemilihan,
tunggu masa jabatannya habis.

Read Full Post »

sejenak di mink-mink cafe

karena salah langkah dan suntuk,saya posting tulisan ini di TKP!
Mink-Mink cafe (MMC) ini punya cina,konsumennya mayoritas cina.
saya bersama dadang, aris,dan koko vedder (orang satu ini sangat mengidolakan vokalis band seattle,Pearl Jam, hingga namanya si eddie vedder sang vocalis dicomot utk ditambah dibelakang namanya)
karena salah satu teman yg bernama nono,dikontrak MMC utk mengisi acara disana. bukan bermain sulap, tapi band 1 alat a.k.a ORGAN TUNGGAL!hehe..
kunjungan ke MMC ini adalah salah langkah terbesar malam ini,ibarat bermain catur,saya mengorbankan kuda untuk sebuah pion tak berguna.hehe..
di ruangan yang didominasi warna merah dan lampion sisa imlek (target market kan cina..)pikiran makin kusut. penyanyi dadakan dari tamu silih berhanti menyanyikan lagu yang sama,itu-itu saja, lagu cinta band-band indonesia
jadi soundtrack shitnetron,yang sering diputer di teve,yg sering didengar di penjual cd bajakan,dan sekarang lagi-lagi harus saya dengar di MMC ini.
sebut lah ungu,kenjen band,anima,ketahuan (nama bandnya lupa),wahh yang bikin polusi telinga lah pokoknya.
disini saya memesan air infus dingin, ups maksud saya pocari dingin. bukan apa-apa karena saya memang tidak minum alkohol (utk malam ini dan seterusnya,mudah2an).
talk about alkohol,di MMC hanya menyediakan BIR bintang dan anker,jadi ga ada Jack Dukun,Chivas,mbah cardi,dan teman-teman..hehe..
pokoknya membosankan la..
tapi paling ga saya bisa belajar,betapa gak enaknya yg namanya bosan.
menu makanan MMC punya menu-menu yg variatif,lain kali saya cerita,karena sekarang saya masih bosan (“bantot/malek” kata orang belinyu sini) dan segera pulang
*sigh*

diposting dgn IM3 GPRS,terima kasih indosat im3 dgn tarip gprs yg murah.

Read Full Post »

berasa di irak

imlek,
malam tadi bunyi petasan dan kembang api bersautan seakan ga mau kalah.macem2 jenis kembang api,dari yg bunyinya kayak kentut hingga kayak bom dimaenin,
jutaan rupiah uang dibakar mlm tadi ini,
aku yg seneng banget ama kembang api,merasa terhibur. seakan ke-BeTe-an menghilang seiring redupnya sinar sang kembang api..

selamat imlek cici,koko,ace,ako,amoy,akew,aji,asuk. semoga sukses (?)

btw,listrik ga mati tepat jam 12 hari ini,menghormati imlek mungkin. padahal aku berharap mati,biar agak berasa di irak saat ngeliat adu gengsi antar kampung cina bermain kembang api

Read Full Post »

saya dapet komen yg isinya begitu di account Friendster.
pengirimnya adalah teman satu daerah,adik angkatan tepatnya,jurusan farmasi di kampus,saya bingung mau jawab apa?
saya ingin jawaban yg saya bales di komennya dia tidak menyinggung perasaan,tidak sok tau,bermuatan menggurui tetapi sekaligus bisa menyadarkan dia.
saya baca berkali-kali pesan si mbak ini.
saya berusaha memahami apa maksud dr tulisannya ini.
menghina kampung halaman sendiri?saya sering malahan,tp kenapa ada sisi lain dalam diri saya yg merasa terhina?
tapi rasanya tidak,sebab ada “hehehe..” dibelakang.
saya coba mengingat tentang hinaan saya akan kampung halaman,ada beberapa tentang listrik terutama.
bahkan saya bertekad utk tidak pulang dan cari makan jauh dr belinyu,tapi karena sesuatu hal,saya harus istirahat di belinyu.
saya mulai merangkaikan kata jadi kalimat utk membalas komen
“kemana aja mbak?browsing cm bisa lewat warnet ya?kasian..”
sepertinya terlalu kasar.
akhirnya saya membalas,
“warnet?emang kalo pengen browsing internet,cuma bisa lewat warnet?hehehe..”
akhirnya saya bisa memilih kata-kata yg cukup aman.
ah sudahlah,mudah-mudahan mbak yang kuliah di farmasi ini tau lebih banyak dari saya.

Read Full Post »

Older Posts »